Hindari Rambut Rontok Karena Situasi Pandemi

            Kerontokan rambut yang memicu kebotakan kerap meresahkan kaum pria. Mereka melakukan berbagai cara untuk mengatasinya. Memakai aneka jenis penumbuh rambut menjadi salah satunya.

            Dalam masa pandemi seperti sekarang, Anda memang berpotensi mengalami kondisi medis yang disebut sebagai Telogen effluvium. Secara garis besar, ini merupakan kerontokan rambut secara signifikan untuk sementara waktu.

Biasanya Telogen effluvium bisa terjadi karena infeksi berat, kehilangan berat badan signifikan, ataupun stres. Semua hal tersebut sangat mungkin dialami dalam masa pandemi.

            Harus diakui, keberadaan virus Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan. Ketiadaan vaksin dan obatnya memicu kepanikan di mana-mana. Sudah begitu, penyakit ini mudah sekali menular.

            Situasi tersebut memaksa pembatasan aktivitas di luar rumah. Karena itulah, perekonomian terpengaruh. Resesi terjadi di banyak negara. Bukan tak mungkin, negeri kita juga akan mengalaminya.

            Tanpa disadari, semua hal tersebut dapat memicu stres. Aneka kekhawatiran membuat pikiran merasa tertekan. Akhirnya stres dirasakan dengan kehadiran hormon kortisol yang berlebihan.

            Perlu diketahui, kortisol sangat berkaitan dengan respons tubuh terhadap stres. Dihasilkan dan dilepaskan oleh kelenjar adrenal, kortisol digunakan tubuh sebagai mekanisme dalam menghadapi tantangan secara mental maupun fisik. Bukan hanya itu, kortisol juga berguna untuk mengontrol gula darah, meregulasi peradangan, mengatur metabolisme, serta mengendalikan daya ingat.

            Tidak aneh kortisol tetap diperlukan oleh tubuh. Namun, jika berlebihan, kortisol bakal berdampak buruk. Tubuh akan merasa selalu dalam kondisi tertekan. Inilah yang pada akhirnya berpengaruh terhadap kerontokan rambut.

            Dalam masa pandemi ini, wajar sekali jika merasakan stres psikis. Hal tersebut yang membuat rambut rontok menjadi lebih banyak dibanding biasanya.  

            Akan tetapi, stres tidak melulu berkaitan dengan psikologis. Stres mungkin pula dialami oleh tubuh yang disebut sebagai stres fisik. Kondisi ini juga bisa diakibatkan oleh pandemi.

Karena merasa tertekan, nafsu makan bisa menurun. Namun, hal sebaliknya juga bisa terjadi. Ada yang jadi tidak mampu mengontrol jenis dan pola makan dengan baik. Aneka makanan kurang sehat disantap. Sudah begitu, karena harus membatasi aktivitas di luar rumah, frekuensi berolahraga malah berkurang.

Hal-hal tersebut mengakibatkan jumlah nutrisi yang diserap tubuh tidak mencukupi. Lalu, tubuh juga kurang fit karena minim berolahraga. Pada akhirnya, tubuh merasakan stres. Itulah yang memicu rambut rontok karena stres fisik.

 

JAGA KONDISI FISIK DAN MENTAL

            Kerontokan rambut dalam jumlah besar memang menakutkan. Apalagi bagi Anda yang memiliki rambut tipis maupun yang terindikasi rawan mengalami kebotakan. Namun, dalam kondisi seperti itu, Anda diharapkan tetap mau bersabar.

            Telogen effluvium tidak akan berlangsung selamanya karena bersifat sementara. Ketika stres hilang dan kebugaran fisik membaik, rambut rontok berlebihan niscaya pasti akan hilang.

Maka, agar rambut rontok segera menghilang, hindarilah stres dengan mengurangi membaca informasi negatif. Cari cara untuk membuat hati tenang. Melakukan aneka jenis relaksasi seperti meditasi, yoga, maupun melakukan hobi positif akan sangat bermanfaat dalam menghilangkan stres psikis.

Lalu, lengkapi semuanya dengan menjaga kondisi tubuh. Lakukan olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan sehat. Semua itu akan membantu fisik dan psikis dalam kondisi optimal, sehingga kerontokan rambut akan hilang seiring waktu.

            Sebagai solusi tambahan, gunakanlah aneka produk perawatan rambut dari Sozomen. Berpengalaman mengatasi kerontokan rambut untuk semua pria di Singapura dan Indonesia, Sozomen akan mendukung kesehatan rambut.

            Anda bisa berkonsultasi dengan dokter secara online di Sozomen atau ke Tokopedia untuk menemukan solusi kerontokan rambut yang tepat. Dengan demikian, Anda tidak lagi khawatir terhadap rambut rontok yang mungkin dialami.

Leave a comment