Produk Pertumbuhan Rambut: Apakah Mereka Efektif?

Mengobati rambut rontok adalah industri besar - industri yang diproyeksikan bernilai hampir $ 12 miliar pada tahun 2024.

Hanya beberapa dekade yang lalu, merawat rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut berarti memesan produk seperti sisir khusus, minyak, dan ramuan dari katalog pesanan melalui pos. Saat ini, mudah untuk menemukan berbagai produk yang ditujukan untuk meningkatkan garis rambut, menebalkan area tipis dan memicu pertumbuhan rambut.

Meskipun demikian, pertanyaan yang sama tetap ada: Apakah produk pertumbuhan rambut ini benar-benar efektif?

Seperti kebanyakan industri, dunia pencegahan kerontokan rambut memiliki produk yang andal dan terbukti yang benar-benar dapat mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Sayangnya, ia juga menampilkan banyak produk bohong, perawatan yang tidak terbukti, dan produk yang umumnya tidak sepadan dengan uang saya.

Di bawah ini, Sozomen telah mendaftarkan produk pencegah rambut rontok dan pertumbuhan rambut paling populer yang tersedia di pasar. Untuk setiap produk, kami telah melihat bukti ilmiah untuk menentukan apakah ini merupakan perawatan efektif yang layak dipertimbangkan atau sesuatu yang harus hindari.

Finasteride

Finasteride adalah obat resep yang dirancang untuk mencegah kerontokan rambut dengan memblokir DHT, hormon pria yang menyebabkan folikel rambut menjadi miniatur dan akhirnya berhenti menumbuhkan rambut baru.

Finasteride diperkenalkan sebagai perawatan rambut rontok pada akhir tahun 90-an setelah beberapa tahun sebagai pengobatan untuk prostat.

Dengan memblokir testosteron agar tidak berubah menjadi DHT, finasteride mencegah kerontokan rambut terjadi dan membantu menjaga rambut yang dimiliki. Beberapa pria juga memperhatikan sejumlah kecil rambut "hilang" yang tumbuh kembali setelah menggunakan finasteride, meskipun ini tidak dijamin.

Tidak seperti kebanyakan produk pencegahan kerontokan rambut, finasteride bekerja dengan sangat baik. Mengkonsumsinya setiap hari mengurangi kadar DHT sekitar 70%, yang cukup untuk menghentikan atau memperlambat efek kebotakan pria.

Jika rambut saya surut atau menipis, finasteride harus menjadi salah satu produk pertama yang akan aku pertimbangkan sebagai pilihan perawatan.

Minoxidil


Minoxidil adalah larutan semprot, busa atau cairan yang diaplikasikan ke kulit kepala. Tidak seperti finasteride, yang menghentikan kerontokan rambut dengan menghalangi penciptaan DHT, minoxidil adalah agen pertumbuhan rambut yang dirancang untuk menciptakan kondisi ideal untuk pertumbuhan rambut di kulit kepala.

Studi menunjukkan bahwa penggunaan minoxidil selama 48 minggu menghasilkan peningkatan 12,7% menjadi 18,6% dari total jumlah rambut. Jika saya memiliki rambut yang mulai menipis, ketebalan ekstra yang disediakan oleh minoxidil dapat membuat perbedaan visual yang besar.

Karena minoxidil tidak menghalangi DHT, itu dianggap tidak efektif sebagai agen pencegahan jangka panjang untuk menghentikan kebotakan pola pria. Yang terbaik untuk memikirkan finasteride sebagai perisai terhadap rambut rontok dan minoxidil sebagai pupuk untuk rambut saya yang sudah ada.

Karena efeknya yang terbukti secara ilmiah, minoxidil adalah produk rambut rontok lain yang harus berada di dekat bagian atas daftar pilihan perawatan saya.

Vitamin Pertumbuhan Rambut


Beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin D dan biotin, berperan dalam membantu saya menumbuhkan rambut yang tebal dan sehat.

Jika saya kekurangan vitamin ini, menambahkan suplemen vitamin ke tumpukan perawatan rambut saya bisa menjadi ide yang baik. Namun, penting untuk menyadari perbedaan antara vitamin yang mendukung pertumbuhan rambut dan perawatan farmasi yang mencegah kerontokan rambut.

Vitamin berperan dalam membantu saya menumbuhkan rambut yang sehat dan kuat, tetapi mereka tidak terbukti memiliki efek pada kebotakan pola pria. Karena kebotakan pola pria adalah hasil dari sensitivitas terhadap DHT, satu-satunya pilihan pengobatan nyata adalah untuk memblokir DHT menggunakan produk seperti finasteride.

Ini tidak berarti bahwa mengambil suplemen vitamin adalah ide yang buruk - dari perspektif kesehatan dan kesejahteraan umum, biasanya itu ide yang sangat bagus. Hanya saja, jangan berharap untuk membalikkan garis rambut surut atau kerontokan rambut genetik lainnya dengan menambahkan vitamin ke rutinitas pagi.

Shampo Pertumbuhan Rambut


Shampo pertumbuhan rambut dengan bahan-bahan seperti ketoconazole, pyrithione zinc, saw palmetto dan biotin dapat berdampak pada kecepatan pertumbuhan rambut saya, menjadikannya tambahan yang bermanfaat untuk rutinitas perawatan rambut saya.

Alih-alih melihat shampoo pertumbuhan rambut secara keseluruhan, yang terbaik adalah fokus pada bahan-bahan tertentu dan dampaknya pada kerontokan rambut. Bahan-bahan seperti ketoconazole dan saw palmetto terbukti memiliki sedikit efek pada pertumbuhan rambut; bahan shampo lain yang umum mungkin tidak.

Sebelum saya membeli shampo pertumbuhan rambut, saya biasa pastikan memeriksa label untuk melihat apakah bahan yang digunakan dalam sampo didukung oleh ilmu nyata.

Minyak Pertumbuhan Rambut


Beberapa minyak alami, seperti minyak kemiri, minyak kelapa telah terbukti memiliki efek terbatas pada pertumbuhan rambut dalam penelitian.

Akankah minyak alami bekerja sebaik produk seperti finasteride dan minoxidil? Pada titik ini, tidak ada penelitian yang cukup untuk melihat produk ini sebagai perawatan rambut rontok yang terbukti, terutama pada tingkat yang sama dengan perawatan dengan bukti ilmiah yang luas seperti finasteride dan minoxidil.

Sisir dan Helm Laser


Sisir dan helm laser, yang menggunakan laser pendingin untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, telah muncul di pasaran selama beberapa tahun terakhir. Sebagian besar produk ini menjanjikan sejumlah pertumbuhan rambut sebagai akibat dari paparan laser, yang seharusnya meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Data ilmiah di balik produk-produk ini tercampur. Satu studi menunjukkan bahwa pengguna sisir laser melaporkan peningkatan pertumbuhan rambut, dengan peningkatan moderat dalam jumlah rambut per sentimeter persegi.

Beberapa perusahaan yang memproduksi dan memasarkan produk-produk ini merekomendasikan untuk menggunakannya bersama pil rambut rontok seperti finasteride untuk hasil yang lebih cepat. Saat ini, tidak ada data ilmiah yang dapat diandalkan yang menunjukkan bahwa mereka memiliki efek sinergis dengan perawatan rambut rontok lainnya.

Sementara sisir laser, helm, dan produk lainnya berpotensi efektif untuk pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut, bukti ilmiah belum ada di sana. Yang terbaik untuk melanjutkan dengan hati-hati ketika datang ke produk pertumbuhan rambut laser, terutama untuk apa pun yang dipasarkan sebagai obat ajaib.


Pemijat Kulit Kepala Listrik


Pemijat kulit kepala listrik, yang mengklaim dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menstimulasi kulit kepala, juga paling baik dilihat dengan tingkat skeptis dan kehati-hatian tertentu. Produk-produk ini biasanya murah (sebagian besar adalah $ 25 atau kurang di Amazon) tetapi tidak didukung oleh bukti ilmiah yang substansial

Meskipun ada penelitian yang mendukung pijat kulit kepala sebagai perawatan pertumbuhan rambut, sebagian besar memiliki keterbatasan besar yang membuat mereka sulit untuk menganggapnya serius. Misalnya, penelitian tahun 2016 yang kadang-kadang disebut sebagai "bukti" kerja pijat kepala memiliki ukuran sampel hanya sembilan orang.

Seperti halnya sisir laser dan helm, sains tidak ada di sana untuk mendukung klaim pemijat kulit kepala listrik dulu. Seperti biasa, saya harus tetap skeptis terhadap produk apa pun yang membuat klaim besar tanpa jumlah bukti yang sama besar untuk mendukungnya. 

Leave a comment