Penjelasan DHT dan Kerontokan Rambut Pria

Jika Anda perhatikan rambut Anda mulai menipis atau surut, mudah untuk menjadi kepikiran penyebabnya. Apakah ini stres? Pola makan yang buruk? Genetik? Atau apakah itu faktor gaya hidup yang dapat Anda perbaiki melalui perubahan perilaku? 

Kenyataannya adalah bahwa kerontokan rambut pada pria terutama disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT), hormon steroid pria yang berikatan dengan reseptor di kulit kepala Anda dan - pada pria yang rentan secara genetik - bertanggung jawab atas kerontokan rambut.

DHT bisa terlihat rumit, tetapi perannya dalam kerontokan rambut cukup mudah dipahami setelah Anda memiliki pengetahuan dasar tentang bagaimana tubuh Anda menghasilkan DHT dan efek DHT terhadap folikel rambut.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan apa itu DHT, bagaimana diproduksi oleh tubuh Anda, dan opsi yang tersedia untuk membatasi efek negatif DHT pada garis batas rambut Anda.

Apa itu DHT?

DHT, atau dihidrotestosteron, adalah androgen yang diproduksi sebagai produk sampingan testosteron. DHT adalah hormon seks pria yang cukup kuat yang bertanggung jawab untuk hal-hal seperti pembentukan alat kelamin pria selama kehamilan. 

Singkatnya, DHT adalah salah satu dari banyak hormon yang membuat pria, yah, pria. Namun, ini berbeda dari hormon seks pria lainnya seperti testosteron dalam beberapa hal penting.

Tubuh Anda menghasilkan DHT sebagai produk sampingan testosteron melalui enzim 5α-Reductase - enzim yang mengubah sebagian testosteron Anda menjadi DHT dalam folikel kulit, hati, prostat, dan rambut.

Jika Anda secara genetik rentan terhadap kerontokan rambut, DHT dapat berikatan dengan reseptor di folikel rambut Anda dan menyebabkan mereka menyusut, melemah dan akhirnya mati. Proses ini disebut 'miniaturisasi', dan akhirnya menghentikan pertumbuhan rambut secara total dalam folikel rambut yang terkena DHT. 

Menariknya, DHT adalah hormon penting untuk pertumbuhan rambut di area lain tubuh, yang berarti hormon yang sama yang menyebabkan kebotakan pola pria juga bertanggung jawab untuk memicu pertumbuhan rambut di dada, punggung, dan area lainnya. 

Karena DHT adalah hormon utama yang bertanggung jawab atas kerontokan rambut pada pria, cara paling efektif untuk memperlambat dan mencegah kerontokan rambut adalah dengan memblokir DHT.

Anda dapat melakukan ini pada tingkat folikel dengan menggunakan sampo atau semprotan DHT topikal untuk mencegah DHT keluar dari folikel rambut Anda. Ini sebagian besar efektif, tetapi tidak sepenuhnya menghalangi DHT untuk berikatan dengan reseptor di kulit kepala Anda. 

Metode yang lebih efektif untuk memblokir DHT adalah dengan memblokirnya di sumbernya. Obat-obatan seperti finasteride dibuat untuk memblokir konversi testosteron menjadi DHT dengan mengikat enzim 5α-Reductase, mencegah tubuh Anda memproduksi DHT.

Kami akan membahas lebih detail tentang finasteride dan blocker DHT lainnya di bawah ini. Untuk saat ini, ingat saja bahwa walaupun faktor-faktor seperti stres dan diet dapat memiliki efek signifikan pada rambut Anda tetapi kerontokan rambut Anda kemungkinan besar disebabkan oleh genetik yang sensitif terhadap dihidrotestosteron. 

MENJAGA RAMBUT ANDA

Mau rambut yang lebih subur? ... ya, ada pilnya untuk itu.

Finasteride dan DHT

Data dari studi yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan bahwa finasteride, dikombinasikan dengan minoxidil, adalah pengobatan yang paling efektif yang tersedia untuk memperlambat dan menghentikan kebotakan pola pria.

Finasteride termasuk dalam kategori obat yang disebut inhibitor 5a-reduktase. Ia bekerja dengan mengikat enzim 5a-reduktase dan memblokir enzim mengubah testosteron Anda menjadi DHT. 

Cara terbaik untuk memikirkan finasteride adalah sebagai perisai hormon yang menjaga testosteron Anda seperti semula, sambil menghentikan produksi DHT. Daripada hanya memblokir DHT pada kulit kepala Anda, Finasteride memblokirnya pada sumbernya.

Ingat sebelumnya, ketika kami mengatakan bahwa DHT berikatan dengan reseptor di prostat? Finasteride sebenarnya dirancang sebagai pengobatan untuk pertumbuhan prostat. Tidak sampai masa studi medis bahwa Merck, pencipta obat, menemukan itu juga menghentikan kebotakan pola pria.

Rata-rata, dosis harian 1 mg finasteride dapat menghambat produksi DHT yang menghentikan sebagian besar rontoknya rambut. Dalam kasus tertentu, itu juga dapat menyebabkan folikel rambut miniatur yang rusak oleh DHT mulai tumbuh kembali.

Jika Anda mulai memperhatikan kerontokan rambut dan ingin mengambil tindakan, metode yang paling efektif adalah berkonsultasi online dengan dokter kami untuk melihat opsi perawatan mana yang tepat untuk Anda.